Bayi sering kentut – Saat ini kami sedang bergembira dan senang karena kelahiran bayi kami. Bayi saya namanya Nayla baru berusia 1 minggu. Saat ini kami sedang bingung mengapa bayi sering kentut dan terdengar seperti buang air besar. Pada saat saya coba cek bayi saya tidak buang air besar dan kondisi popoknya masih sangat kering.

Saat ini kami sangat senang tetapi sedikit khawatir dan takut terjadi masalah perncernaan atau perut pada bayi kami.

Bayi sering kentut

Beberapa hari ini saya sering tertipu karena sering mengganti popok bayi yang sebenarnya masih sangat bagus dan kering.

1 hari yang lalu bahkan bayi saya kentut atau buang angin hampir setiap 2 jam sekali dan sangat bau seperti kentut orang dewasa, kadang kami sangat jengkel tetapi kebahagiaan kami tidak akan hilang hanya dengan sedikit masalah tersebut.

Bayi yang sering kentut dan mungkin sangat bau adalah normal kemungkinan bisa di sebabkan karena sedikit gangguan pada perutnya, tetapi jika bayi Anda rewel dan terus menangis bisa saja ada masalah kecil yang mungkin menggangunya sehingga ia kurang nyaman.

Bayi akan buang angin seperti orang dewasa bahkan terkadang terdengar sangat keras dan kencang. Ada beberapa Ibu yang justru sangat bahagia dengan hal ini karena menganggap bayinya sangat normal. Bayi bisa kentut adalah anugerah dan menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orang tuanya. Lalu apa yang harus di waspadai jika bayi sering kentut dan sangat bau?

Jika bayi yang sering kentut dan di sertai dengan sedikit kotoran secara terus menerus, Anda perlu waspada tetapi jangan panik karena kemungkinan hanya di sebabkan masalah pencernaan ringan. Hal ini bisa di sebabkan karena makanan yang Anda makan ketika bayi hanya minum ASI saja. Misalnya saja Anda terlalu banyak makan pedas yang menyebabkan bayi sedikit diare dan gangguan pencernaan.

Jika Anda bisa mengatasi sendiri bersama keluarga, tidak perlu di bawa ke Dokter, tetapi jika sudah berlangsung selama 2 hingga 3 hari sebaiknya menghubungi Dokter untuk mendapatkan pertolongan dengan cepat dan tepat.