Bayi Anda sebentar lagi menginjak usia 6 bulan? Berencana ingin memberi makanan pendamping ASI yang tepat? Memberi makanan pendamping pada bayi usia 6 bulan ke atas merupakan hal yang sangat wajar.

Apa lagi bayi tersebut memang sudah mengalami masa tumbuh kembang normal dan juga agar daya tahan tubuh anak supaya kuat, seperti sudah dapat duduk, sudah mampu meraih benda-benda, dan lain-lain.

Ibu harus menyediakan menu MPASI 6 bulan dengan tepat agar masa tumbuh kembang bayi lebih maksimal lagi. Lalu, menu seperti apa yang diharuskan? Menurut WHO, menu makanan dalam MPASI disarankan berupa makanan bertekstur halus dan sedikit kental.

Mudah dicerna, tetapi tidak cair. Selain itu wajib memenuhi kebutuhan bayi, makanan mengandung karbohidrat, protein, sayur, dan buah.

Menu MPASI 6 Bulan untuk Memenuhi Gizi Bayi

Pada menu MPASI 6 bulan sangat disarankan seperti anjuran WHO adalah makanan yang disaring. Artinya sebelum diberikan pada bayi, makanan tersebut disaring terlebih dahulu.

Menu I

MPASI Pure Buah.

Resep pertama ini berupa menu makanan pendamping yang menggunakan bahan utama buah-buahan pilihan saja. Buah yang dapat dipakai di antaranya alpukat dan pepaya. Mengapa dua buah ini disarankan? Karena selain teksturnya lembut, keduanya memiliki kandungan baik bagi asupan bayi. Caranya sebagai berikut:

  1. Siapkan sedikit alpukat atau pepaya matang, sedikit susu formula atau ASI.
  2. Potong kecil buah tersebut, haluskan di atas saringan kawat.
  3. Campur dengan susu formula atau ASI. Sajikan.

MPASI Oatmeal.

Selain buah-buahan, menu MPASI 6 bulan lainnya dapat menggunakan oatmeal. Memang oatmeal mengandung banyak kandungan baik, namun teksturnya akan lebih cepat membuat bayi kenyang sehingga disarankan tidak perlu memakai banyak bahan utama. Caranya sebagai berikut:

  1. Masak oatmeal dengan air hingga mendidih. Pastikan tidak ada butiran yang keras dan bertekstur kasar dan besar.
  2. Masukan sedikit susu formula. Sajikan ketika hangat atau dingin.

MPASI Pure Tepung.

Banyak sekali tepung yang dijual sebagai makanan pendamping ASI instan di pasaran. Disarankan Anda mengolah sendiri bahan alami, dibandingkan memakai tepung instan tersebut. Anda dapat membuat menu MPASI dengan bahan di antaranya beras merah, kacang hijau, beras putih, ubi, jagung, dan lain-lain. Berikut caranya:

  1. Rendam bahan utama, misalnya beras merah kurang lebih 8 jam. Lalu tiriskan.
  2. Blender beras hingga halus, lalu sangrai sampai kering (tapi jangan gosong).
  3. Ambil satu sendok makan beras merah yang telah halus dan kering, masukan ke dalam sedikit air. Masak sampai mendidih. Angkat, beri sedikit susu formula atau ASI.

Menu MPASI 6 bulan seperti di atas bisa Anda dapatkan lebih banyak dengan bergabung bersama Generasi Maju sebagai wadah memperluas pengetahuan dalam dunia parenting. Bertukar pikiran dengan para ibu lain dan para ahli.