Pohon Dadap Merah adalah salah satu jenis pohon yang mempunyai bunga yang cantik dan juga indah, bunga dadap merah ini berwarna merah merona dan memiliki bentuk menyerupai kerucut. Daun pohon ini mempunyai panjang sekitar 10-30cm. Pohon Dadap merah yang berukuran sedang, bisa mencapai tinggi 15-25 m dan berbentuk vertikal berwarna hijau, abu-abu, coklat muda atau keputihan, batang pohon ini biasanya menempel dengan duri-duri kecil dengan ukuran 1-3 mm yang bewarna hitam, tajuknya serupa payung atau lebih membulat renggang,ciri khas dari pohon ini ialah dapat mengugurkan dau saat musim kemaru, daun berbentuk majemuk beranak,daun tiga hijau hingga hijau muda, poros daun dengan tangkai panjang hampir 10-50 cm.  Jual Bibit Pohon Dadap Merah Harga  Murah

Jual Bibit Pohon Dadap Merah Harga Murah

Anak daun sedikit  lebih bundar seperti telur terbalik, segitiga, hingga bentuk belah ketupat dengan ujung tumpul, dan anak daun ini ujung yang terbesar ukurannya 9-29x 10 – 40 cm.

Tanaman dadap ini juga kerap dipakai sebagai pohon untuk penyejuk bagi orang yang sedang bersantai di bawah pohon ini,dadap merah ini juga sangat mudah di temui  di kebun-kebun kopi dan juga kakao, atau pohon rambutan tanaman lada, sirih, panili, atau umbi gadung,juga baik digunakan sebagai peyangga pagar. Dadap merah ini dapat tumbuh subur Di wilayah Pasifik, sebagaian orang banyak yang menggunakan tanaman dadap ini untuk dimanfaatkan sebagai penahan angin,tanaman ini juga dapat menghasilkan kayu yang ringan dan mempunyai tekstur yang lunak dan dominan berwarna putih, yang mana hal tersebut sangat baik untuk membuat pelampung, ataupun peti-peti pengemas, pigura, dan juga kebutuhan untuk mainan anak. Kayunya pun merupakan bahan pembuat pulp, namun kurang baik digunakan sebagai kayu api karena terlalu  banyak asap.

Daun-daun dadap yang muda dapat digunakan sebagai pelengkap sayuran yang biasa kita makan. Daun dadap ini sangat berkhasiat untuk memperbanyak asupan Asi pada ibu hamil, membuat tidur lebih nyenyak, dan bunganya berfungsi untuk melancarkan haid. Sari daun yang dicampur dengan madu lalu diminum cara ini efektif  untuk mengobati cacingan,sari daun dadap yang dicampur minyak jarak (kasteroli) dapat pula digunakan untuk menyembuhkan penyakit disentri.

Daun dadap yang dipanaskan dimanfaatkan sebagai tapal untuk meringankan penyakit rematik. Pepagan (kulit batang) dadap memiliki khasiat sebagai pencahar, peluruh kencing dan pengencer dahak Namun sayang,Bijinya agaknya beracun jika di konsumsi.

Namun, informasi terbaru pada  sekitar tahun 1970-an menunjukkan di mana daun, batang, buah, dan akar dadap mengandung racun yang mematikan yang bernama asam hidrosianida. Racun yang lainnya yang ditemukan adalah eritrina. Dalam bijinya, ditemukan alkaloid eritralin dan hipaforin. Dalam sebuah tes pada seekor katak, ditemukan kodok tersebut menjadi sangat aktif dan banyak bergerak. Namun, dalam salah satu turunannya,apabila terminum dalam dosis yang cukup banyak, dapat menyebabkan kelumpuhan dan bahkan kematian

Tanaman dadap merah ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, pada bagian daun dadap juga terdapat sebuah bahan yang banyak dimanfaatkan sebagai pakan ternak atau juga bisa untuk pupuk hijau. Satu buah batang pohon dadap yang berukuran sedang, dapat dipangkas hingga 3-6 kali dalam kurun waktu setahun, dapat menghasilkan 15-60 kg hijauan pakan ternak dalam setahunnya. Sejauh ini,daun dadap juga sudah banyak di ketahui tidak memiliki racun,dan hal itu sudah terbukti untuk di jadikan pakan ternak. akar dari dadap ini ternyata bersimbiosis dengan bakteri Bradyrhizobium yang mana hal itu membuat tanaman dadap terikat dengan jaringan nitrogen dari udara, dan dapat meningkatkan kesuburan tanah secara maksimal. Dadap merah ini juga berfungsi sebagai pemeberantas serangga seperti Nyamuk atau Kecoa.