Harga Bibit Tanaman rumput MutiaraSpesies ini yang biasa nya banyak digunakan untuk pengobatan secara herbal diantaranya Hedyotis Biflora, Hedyotis Corymbosa dan Hedyotis Diffusa. Tanaman ini tumbuh subur di kawasan  Asia dan juga ke pulau-pulau Pasifik barat laut.

Harga Bibit Tanaman rumput Mutiara

 

Rumput mutiara termasuk spesis Hedyostis Corymbosa, rumput liar dari Famili Rubiaceae  nama lain tanaman ini disebut juga rumput siku-siku, daun mutiara, lidah ular, ataupun Katepan. Biasanya rumput ini berkembang subur di tanah yang lembab, bisa juga Anda temukan di kebun yang basah ataupun halaman rumah bahkan tidak jarang kita temukan rumput mutiara di pinggir jalan dan selokan.

Tidak banyak di ketahui oleh orang yang bahwa manfaat dari rumput mutiara sangat lah luar biasa. Hedyotis, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Starviolet.

Manfaat Rumput Mutiara

Merajuk dari berbagai ilmu di bidang pengobatan tradisional banyak termuat tentang manfaat rumput mutiara, setidaknya lebih dari 30 spesies Hedyotis telah banyak digunakan untuk pengobatan beragam penyakit saat ini yang sangat populer digunakan di dalam pengobatan herbal adalah Hedyotis Diffusa dan Hedyotis Corymbosa.

Ciri-Ciri Tanaman Rumput Mutiara

Sejarah nama Hedyotis diberikan oleh Linnaeus pada tahun 1753 pada Species Plantarum. Nama generik ini berasal dari dua kata Yunani yang mengacu pada daun berwajah manis dan berbentuk telinga dari beberapa spesies tanaman liar tanaman hedyotis ini pernah didefinisikan oleh beberapa penulis terkenal, akan tetapi sekarang telah dibatasi dan termasuk kelompok monofiletik yang berhubungan dengan Agathisanthemum.

Para pakar ahli banyak yang menggunakan manfaat dari rumput mutiara untuk obat herbal, di bawah ini merupakan ciri-ciri rumput mutiara yang bisa anda igunakan untuk pengobatan herbal:

  1. Rumput mutiara ini dapat tumbuh rindang berserak, dan juga tanaman ini tidak kokoh.
  2. Tinggi tanaman antara 15 hingga 60 cm, berkembang subur pada tanah lembab yang berada disisi jalan, pinggir selokan, dan mempunyai banyak cabang.
  3. batang tanaman ini cenderung berbentuk segi, daun saling berhadapan dan bersilang, sementara tangkal daun pendek atau hampir duduk.
  4. Panjang daun tanaman antara 2 hingga 5 cm, ujung daun meruncing, terdapat satu tulang daun berada ditengah dan ujung daun mempunyai rambut yang pendek.
  5. tanaman rumput mutiara ini banyak yang mengarah ke luar dari ketiak daun, bentuknya seperti payung berwarna putih. Terdiri dari bunga majemuk 2 hingga 5 kuntum, tangkai bunga induk keras seperti kawat dan panjangnya 5 hingga 10 mm. Dan ujung buah tampak pecah-pecah.

Berikut adalah manfaat dari tanaman rumput mutiara

 

Sebagai Obat Diuretik

Rumput mutiara memiliki khasiat untuk melancarkan saluran kemih dengan cara alami sehingga kesehatan ginjal akan selalu terjaga, menghancurkan batu empedu dan juga mencegah penyakit kencing batu secara alami.

Menetralkan Racun

Rumput mutiara juga bisa digunakan untuk menetralkan racun yang ada di dalam tubuh karena terbawa makanan yang kita makan. Berbagai kandungan racun serta toksin berbahaya ini akan dikeluarkan dan dinetralkan dengan sangat efektif sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh.

Obat Anti Piretik

Dalam rumput mutiara juga memiliki sifat anti piretik yang sangat baik digunakan untuk menurunkan panas tubuh saat demam. Efek yang diberikan dari tanaman ini akan memberikan rasa sejuk sekaligus mendinginkan dengan cara yang alami.

Mengatasi Hipertensi

Sirkulasi darah juga bisa menjadi lebih lancar, mencegah peradangan sekaligus mengatasi penyakit darah tinggi secara alami karena kandungan nutrisi yang ada di dalam tanaman ini.

Regenerasi Sel Hati

Berbagai masalah yang berhubungan dengan hati seperti hepatitis atau penyakit kuning juga bisa diatasi dengan memakai rumput mutiara ini. Kesehatan hati dan juga regenerasi hati bisa lebih ditingkatkan dengan memanfaatkan salah satu jenis tanaman liar ini tanpa menimbulkan efek samping.

Obat Anti Inflamasi

Kandungan anti inflamasi yang terdapat pada rumput mutiara ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya peradangan atau bengkak pada tubuh dan juga mengobati berbagai macam penyakit lain mulai dari yang ringan sampai yang berat.