Kami menjual bibit pisang yang murah dan terjamin sehat bebas dari serangan hama dan penyakit.

Budidaya bibit pohon pisang

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membudidayakan bibit pohon pisang adalah soal media tanam nya. Lahan yang digunakan untuk budidaya bibit pohon pisang sebaiknya memiliki tanah yang kaya akan unsur hara dan humus. Tanah juga harus minim sekali unsur garam nya yakni hanya sekitar 0,07 %. Bibit pohon pisang ini dapat hidup di daerah yang mencapai ketinggian 1.000 mdpl. Berikut ini ada paparan mengenai cara – cara yang tepat dilakukan dalam budidaya bibit pohon pisang :

Tahap persiapan bibit pohon pisang

Dalam memilih bibit pohon pisang hendaknya pilihlah bibit yang benar – benar berkualitas dan sehat tentunya. Sebaiknya pilih bibit dari hasil vegetatif (cangkokan tunas) agar pohon pisang nantinya cepat – cepat berbuah. Ciri – ciri bibit pohon pisang yang bagus adalah memiliki tinggi 1 m – 1,5 m dan diameter batang 15 cm – 20 cm. Sebaiknya pilih tunas cangkokan yang berasal dari indukan yang sehat dan unggul maka dapat dipastikan bakal anak nya nanti juga akan mewarisi sifat induknya (ini hanya berlaku pada bibit hasil vegetatif dan bukan generatif). Selain itu juga pilihlah tunas cangkokan yang memiliki bentuk ujung tunas yang runcing dan helai daunnya masih sempit.

Tahap persiapan lahan penanaman bibit pohon pisang

Seperti persiapan lahan tanam bibit tanaman yang lainnya, lahan harus dibersihkan dahulu dari semak – semak atau gulma – gulma yang tumbuh secara liar. Hal ini dilakukan karena nantinya tanaman pengganggu ini hanya akan mencuri nutrisi yang seharusnya didapatkan oleh bibit pohon pisang. Selain membersihkan lahan tanam untuk bibit pohon pisang sebaiknya juga persiapkan jarak tanam untuk per bibit pohon pisang. Jarak tanam yang ideal adalah ukuran 2 x 2 m.

Tahap penentuan pola tanam untuk bibit pohon pisang

Penanaman bibit pisang untuk 3 bulan pertama biasanya memakai pola tanam sistem tumpang sari. Sistem tanam tumpang sari ini maksudnya adalah melakukan penanaman bibit tanaman sayuran atau tanaman pangan pada sela – sela bibit pohon pisang. Biasanya tanaman yang digunakan untuk tumpang sari ini adalah tanaman musiman saja.

Bibit pisang yang kami jual memiliki kualitas yang bagus dibandingkan dengan berbagai supplier yang lainnya.

Tahap pembuatan lubang tanam untuk bibit pohon pisang

Untuk lahan yang memiliki jenis tanah yang berat ( lahan gambut misalnya ) maka ukuran lubang tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang   adalah 50 cm x 50 cm x 50 cm. Untuk jenis tanah yang bagus atau bisa disebut tanah yang gembur ukuran jarak tanam untuk bibit pohon pisang   hanya 30 cm x 30 cm x 30 cm atau juga bisa 40 cm x 40 cm x 40 cm. Untuk jarak tanam nya bisa menggunakan ukuran 2 m x 2 m atau 3 m x 3 m untuk di lahan yang memiliki tanah yang subur atau gembur. Sedangkan untuk lahan yang memiliki tanah yang berat ( gambut ) maka jarak tanam yang ideal untuk bibit pohon pisang   adalah 3,3 m x 3,3 m.

Proses penanaman bibit pohon pisang

Proses penanaman bibit pohon pisang ini sama seperti penanaman bibit tanaman yang lainnya. Letakkan bibit pohon pisang tepat di tengah – tengah lubang tanam. Lalu timbun menggunakan tanah timbun yang terbuat dari campuran pupuk organik dengan tanah galian lubang tanam. Timbun dengan rapat dan padat agar pohon pisang nantinya tidak mudah roboh. Lakukan penyiraman air secukupnya setelah proses penanaman selesai. Dalam hal pemupukan bibit pohon pisang ini sebaiknya lakukan secara maksimal agar buah yang dihasilkan nantinya memiliki rasa yang sangat manis. Pupuk yang digunakan untuk pemupukan bibit pohon pisang ini adalah pupuk kompos yang mencapai berat 20 kg. Dengan semakin banyaknya pupuk yang digunakan rasa buah pisang   juga akan semakin lezat.

Jika Anda tertarik dengan bibit pisang milik kami, Anda bisa langsung memesan saja di website utama kami.