Anda ingin budidaya bibit bambu hitam namun tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak ? Tenang saja kami menjual bibit bambu hitam yang terjangkau.

Deskripsi tentang bambu hitam

Berikutnya ada Bambu hitam yang merupakan sejenis bambu yang seringkali dijadikan untuk bahan perkakas rumah tangga, furniture, dan pembuatan alat musik. Pohon bambu hitam ini awalnya hanya dapat ditemukan di pulau Jawa (Indonesia) namun saat ini sudah menyebar di berbagai dunia.

Bambu hitam ini tumbuhnya merumpun, memiliki perawakan pohon yang rapat dan tegak, dan memiliki rebung yang berwarna hijau kehitaman dengan bagian ujung berwarna jingga. Buluh dari bambu hitam ini lurus dan tegak , dapat mencapai ketinggian 15 m, dan memiliki diameter buluh berukuran 6 cm – 8 cm. Daun dari pohon bambu hitam ini bentuknya lanset dan berukuran 20 – 28 cm x 2 – 5 cm. Bunga dari pohon bambu hitam ini terdiri dari 18 spikelet , spikeletnya berbentuk bulat, dan berisi 4 floret.

Bambu hitam ini menyebar di Asia tropis, India, dan kawasan Melanesia. Tumbuhan bambu hitam ini sampai saat ini belum diketahui asal usulnya, yang jelas tanaman bambu hitam ini awalnya sudah banyak tumbuh di pulau Jawa (Indonesia). Pohon bambu hitam ini menyukai daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi, curah hujan sampai dengan 1.500 – 3.700 mm per tahunnya, dan memiliki suhu yang rata – rata mencapai 20 derajat celcius – 32 derajat celcius. Pohon bambu hitam ini banyak ditemukan di dataran rendah daripada di dataran tinggi.

Bambu hitam ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya untuk bahan pembuatan alat musik, pembuatan alat – alat perlengkapan rumah tangga, dan berbagai kerajinan furniture. Rebung dari bambu hitam ini sering dijadikan sebagai sayuran oleh penduduk desa di Pulau Jawa.

Bibit bambu hitam milik kami dijamin sehat dan memiliki kualitas yang terbaik apabila dibandingkan dengan supplier yang lainnya.

Namun bambu hitam di Indonesia ini kurang dimanfaatkan secara maksimal. Bagian yang dimanfaatkan hanya sebatas tunas dan batang nya saja padahal bagian lain juga memiliki manfaat yang sudah diteliti oleh para peneliti di dunia. Hendaknya wilayah kita Indonesia yang kaya akan bambu hitam ini lebih bisa memanfaatkan secara maksimal manfaat dari bambu hitam ini. Para petani hendaknya juga lebih memperhatikan lagi pembudidayaan bambu hitam ini dan jangan dibiarkan bibit bambu hitam tumbuh begitu saja tetapi juga harus dirawat secara maksimal. Bambu hitam ini memang sudah terkenal hampir di seluruh wilayah Indonesia karena manfaatnya yang melimpah. Bambu hitam ini terbilang unik karena warna dari batang bambu nya yang kehitaman dan cukup kuat bila dijadikan sebagai perabot rumah tangga. Bambu hitam ini juga cepat menyebar di seluruh pulau di Indonesia yang mulanya dari pulau Jawa.

Setelah proses penanaman selesai tentunya bibit bambu hitam tidak dibiarkan tumbuh begitu saja. Namun pada kenyataannya bambu – bambu yang dibudidayakan di desa – desa setelah ditanam dibiarkan tumbuh begitu saja padahal bibit bambu hitam tentunya juga membutuhkan perawatan. Tahap perawatan bambu hitam sama seperti tanaman lainnya yaitu penyiangan, penyiraman , dan pemupukan. Bibit bambu hitam ini tentunya harus dilakukan penyemprotan herbisida agar terbebas dari berbagai macam gulma – gulma yang tumbuh di sekitarnya. Pemangkasan pada saat pohon bambu hitam ini juga diperlukan nantinya. Hendaknya pangkaslah ranting – ranting pohon bambu hitam yang tumbuh secara tidak beraturan dan cacat. Bila ranting – ranting ini dibiarkan begitu saja maka akan berpengaruh pada pertumbuhan pohon bambu hitam nantinya.

Anda berminat ? Langsung saja kunjungi website kami untuk memesan bibit bambu hitam kami.