Peduli Lingkungan

originals.id – Mengenai manfaat mengolah barang bekas bagi si prasekolah, tentu kegiatan tersebut akan mengasah kreativitasnya. Namun tak hanya itu, karena dengan membiasakan anak mendaur ulang plastik/karton/kadus bekas yang ada di rumah, ia terlatih untuk selalu peduli dan lebih mencintai lingkungan hidupnya. Tentu, semua ini merupakan proses belajar. Mungkin perlu waktu cukup lama, tidak selesai dalam hitungan jam, untuk anak memahami pesan yang akan disampaikan. Namun pengajaran ini bisa menjadi cikal bakal untuk anak memahami pentingnya daur ulang demi kelestarian lingkungan hijau dan bersih. Jangan dilupakan, mereka adalah generasi penerus yang akan menjaga kelestarian bumi.

Ide Membuat Mainan

¦ Robot/mobil dari kardus. Kumpulkan beberapa kardus bekas (kardus bekas kemasan susu, sepatu, atau makanan). Susunlah kardus-kardus tersebut. Yang berukuran besar bisa dijadikan badan, yang lebih kecil bisa dijadikan tangan, kaki, atau kepala. Rekatkan dengan lem atau lakban. Kardus juga bisa dibuat sebagai boneka, tempat foto, pembatas buku, dan sebagainya.

¦Treompet dari Kalender bekas. Ada kalender yang sudah tidak terpakai? Ciptakan aneka karya dari itu, terompet misalnya. Gulung kalender sedemikian rupa sehingga ujungnya kecil dan yang satunya besar, menyerupai sebuah terompet. Lalu ajak anak meniup terompet itu. Seru!

¦ Topi dari kertas koran. Kita bisa memanfaatkan koran untuk membuat topi kertas. Minta anak menggunakannya, pasti sangat menyenangkan.

¦ Perahu dari kertas halaman buku. buku yang sudah tak terpakai bisa dimanfaatkan untuk membuat perahu kertas, bunga kertas, pesawat kertas, dan sebagainya. Pilihlah bentuk-bentuk dengan lipatan sederhana supaya anak bisa mengikutinya dengan mudah.

¦ Bola dari kain perca. Ciptakan bola unik dari potongan-potongan kain yang tidak terpakai. Kumpulkan jadi satu, kemudian satukan dan bungkus dengan plastik. Ikat dengan karet sehingga berbentuk bulat. Kita bisa ajak anak memainkan bola dari kain perca ini. Di dalam rumah pun jadi, karena bila bola ini mengenai kaca, ditanggung tidak akan membuat pecah.

¦ Menggunting dan menempel majalah/buku/ koran bekas. Di usia ini kemampuan motorik anak sudah lebih baik sehingga Mama bisa mengajak anak menggunting gambar atau foto yang ada di dalam kertas bekas majalah. Gunakan gunting yang tidak terlalu tajam supaya aman. Kumpulkan gambar-gambar yang sudah digunting kemudian minta anak mengimajinasikan hewan-hewan tersebut adalah peliharaannya. Lalu ajak anak menempel gambar-gambar tersebut di kertas gambarnya. Jadilah si kecil mempunyai “kebun binatang” mini.