7 Tempat Makan Terpopuler di Surabaya yang Wajib Kamu Coba

Surabaya disebut-sebut sebagai kota ke-2 paling besar di Indonesia sesudah Jakarta. Maka dari itu janganlah heran bila beberapa makanan di Surabaya ini saat ini mahal-mahal. Maklum juga sih UMR di Surabaya juga gede, jadi tidak heran deh bila makanannya juga mahal banget.

Walau demikian janganlah cemas untuk anda yang lagi bokek atau ingin irit masih tetap ada kok makanan enak yang harga nya murah banget di Surabaya. Harga nya hanya Rp 10. 000 hingga 15. 000 doang lho. Murah banget kan? Memang di mana sajakah ini?

1. Rawon Moroseneng

Ingin makan nasi rawon yang banyak dagingnya namun murah meriah? Datang saja deh ke Warung Sudut Moroseneng di Jalan Pucang Anom, Surabaya. Seporsi rawon hanya Rp 14. 000 doang lho. Ssttt bukanya cuma malam saja lho mulai jam 21. 30 hingga 03. 00 pagi.

2. Gudeg Pecel Ubaya

Ingin makan gudeg namun juga ingin pecel, bagaimana ya? Dikombinasiin saja kali, di daerah Ubaya yaitu Jln. Raya Tenggilis ada menu gudeg pecel yang murah meriah lho. Hanya Rp 15. 000 saja.

3. Nasi Goreng Jancuk

Bila ada satu kata yang bakal mengingatkan beberapa orang bakal Surabaya, jadi kata paling akhir pada obyek wisata kuliner Surabaya yang satu itu yaitu kata yang pas. Walau Anda dapat memperoleh nasi goreng dimana saja, Nasi Goreng Jancuk yaitu destinasi kuliner Surabaya yg tidak dapat Anda terlewat demikian saja saat ada di kota itu.

Asal muasal nama ini dapat dapat disebutkan spontan. Konon, Nasi Goreng Jancuk datang dari umpatan pelanggan sesudah mencicipi sajian itu. Koki yang bikin menu itu untuk beberapa rekannya berniat memberikan cabai rawit dengan jumlah yang banyak serta saat sendok pertama nasi goreng itu hingga di lidah rekan-rekan si koki, spontan mereka mengumpat, “Jancuk! Pedes, Cuk! ”

Bila mau nikmati nasi goreng khas Surabaya itu, sebaiknya Anda ditemani sebagian orang. Porsinya cukup banyak, cukup untuk seputar empat hingga lima orang. Dengan harga seputar Rp150. 000, 00 per jumlah, Anda dapat memperoleh Nasi Goreng Jancuk di Royal Plaza.

4. Es Cream Zangrandi

Tanpa ada polusi juga, Surabaya sesungguhnya telah cukup panas, serupa dengan Jakarta. Tingginya suhu kota itu di pengaruhi keadaan geografisnya yang memanglah ada di lokasi laut. Karenanya, mencari kudapan yang beri kesegaran pasti bisa kurangi sedikit situasi hati yang juga turut gerah lantaran cuaca.

Coba untuk berkunjung ke Zangrandi. Kedai es cream yang satu itu telah cukup legendaris di kelompok penggemar kuliner Surabaya. Mulai sejak th. 1930, kedai itu sudah jadi sisi dari Surabaya. Zangrandi didirikan oleh Roberto Zangrandi, seseorang lelaki berkebangsaan Italia dengan memakai resep es cream buatan sang istri. Saat Zangrandi kembali pada Italia seputar th. 1960, Adi Tanumilia, seseorang entrepreneur winery, beli kedai sekalian resep es cream Zangrandi.

Apabila Anda tengah bertandang ke Surabaya, singgahlah sesaat ke kedai es cream yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso no. 15 itu. Dengan harga dari mulai Rp24. 000, 00, Anda dapat mencicipi enaknya es cream yang terus terbangun terasa sepanjang kian lebih 1/2 era. Bahkan juga tidak cuma masalah rasa, bangunan tempat kuliner Surabaya itu juga terus memiliki nuansa tempo dahulu.

5. Depot Bu Rudy

Masalah kuliner, orang Indonesia memanglah mempunyai ciri sendiri. Pertama, tidak perduli seberapa banyak makanan yang sudah disantap, bila belum makan nasi, jadi dikira belum makan. Ke-2, makan nasi juga akan tidak komplit tanpa ada hadirnya sambal.

Bila Anda termasuk juga kelompok itu masalah makanan, jadi datanglah ke Depot Bu Rudy saat ada di Surabaya. Menu yang disiapkan tempat kuliner Surabaya itu sangatlah bermacam, namun coba untuk menunjukkan sendiri kesenangan seporsi nasi udang empal sebagai andalan disini. Nasi pulen hangat di sajikan berbarengan dengan udang tepung goreng yang renyah, empal yang empuk dengan bumbu meresap, serta sambal bawang Bu Rudy yang termashyur.

Nasi udang empal Bu Rudy di bandrol seputar Rp20. 000, 00an saja. Terkecuali makanan, di depot Bu Rudy yang berlokasi di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya ini dapat dilengkapi tempat oleh-oleh khas Surabaya. Demikian melalui pintu masuk, Anda bakal disambut dengan deretan beragam macam oleh-oleh, tetapi bila mau beli oleh-oleh paling khas dari Depot Bu Rudy, Anda dapat beli sambal bawang, sambal terasi, atau sambal ikan peda dalam paket.

Bebek Sinjay memanglah bukan datang dari Surabaya, tetapi dari Kabupaten Bangkalan, Madura. Walau demikian, kepopulerannya yang telah meluas bikin tempat tinggal makan itu berekspansi ke banyak daerah lain.

Jarak Surabaya serta Madura memanglah tak jauh, terlebih karenanya ada Jembatan Suramadu. Namun bila Anda malas meniti perjalanan lebih jauh untuk seporsi Bebek Sinjay, Anda dapat datang ke food court Kaza City di Jalan Kapas Krampung no. 45, Surabaya. Sepiring nasi dengan bebek goreng dengan remahan tepung krispi serta sambal mangga yang nendang dapat Anda peroleh dengan harga Rp25. 000, 00 saja.

Untuk Anda yang menyukai sambal mangga, butuh coba kuliner Surabaya itu. Bahkan juga walau tak tengah musim buah mangga, Bebek Sinjay terus menghidangkan sambal andalannya itu.

6. Warung Leko

Obyek wisata kuliner Surabaya yang satu ini pas untuk beberapa pengagum iga. Warung Leko memanglah telah populer lantaran enaknya olahan iga yang di tawarkan. Oleh karena itu, tidak heran apabila tempat makan itu tidak pernah sepi pengunjung baik yang datang dari dalam ataupun luar kota.

Warung Leko beralamat di Jalan Manyar Kertoajo V/9 Gubeng, Surabaya. Sebagian menu yang kerap jadi pesanan diantaranya iga penyet, sop iga, iga goreng tepung, serta babat penyet. Daging yang disajikannya sangatlah empuk, hingga Anda akan nyaman menikmatinya. Pilihan sambalnya juga bisa sesuai selera, dari mulai yg tidak pedas, tengah hingga ekstra pedas.

Terkecuali iga serta babat, Warung Leko juga sediakan menu alternatif. Ada tempe penyet, bandeng penyet, otot penyet, serta ada banyak yang lain. Masalah harga juga Anda tidak butuh cemas. Dirumah makan itu, sajian yang di tawarkan dari mulai harga Rp8. 000, 00 hingga Rp60. 000, 00.

7. Warung Bu Kris

Tempat kuliner Surabaya yang satu itu yaitu surga untuk beberapa pencinta penyetan. Semua jenis penyetan ada disini, dari mulai ayam, gurame, iga, udang, tahu, tempe, dan sebagainya. Karena sangat enaknya hidangan di Warung Bu Kris, sering pengunjung yang datang juga bahkan juga mengantre sampai diluar.

Dahulu, Warung Bu Kris cuma ada di Jalan Manyar Kertoajo IV/23 Surabaya. Saat ini, di Surabaya sendiri, telah ada kian lebih sepuluh cabang yang menyebar di beragam lokasi. Anda juga bakal jadi lebih gampang untuk rasakan kesenangan makanan khas Indonesia yang di tawarkan tempat kuliner Surabaya itu. Masalah harga juga tak ada ketidaksamaan pada cabang satu serta yang lain, yakni dari mulai Rp6. 000, 00 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *