Kota Yogyakarta atau akrab dimaksud Jogja yaitu tujuan wisata yang sangatlah menakjubkan. Buktinya, kota itu senantiasa ramai dikunjungi beberapa perlahancong dari luar kota, lebih utama pada beberapa saat berlibur. Terdapat beberapa magnet sebagai daya tarik Kota Jogja. Obyek wisata, kuliner, budaya serta kesenian, dan arsitektur bangunan yang berada di Jogja dapat bikin beberapa pengunjung makin jatuh cinta.

Butuh travel malang juanda? silahkan klik tautan ” travel malang juanda “.

Nah, jika Anda tengah berencana berlibur ke Jogja kurun waktu dekat, tidak butuh bingung akan ke mana. Tersebut disini daftar komplit obyek wisata di Jogja yg tidak bisa ditinggalkan, dari mulai wisata histori sampai wisata kekinian, berbasiskan hiburan ataupun pengetahuan, untuk anak-anak atau orang dewasa.

1. Malioboro

Malioboro yaitu satu diantara obyek wisata di Jogja yang disebut favorite beberapa wisatawan. Bahkan juga, nyaris kebanyakan orang yang sempat bertandang ke kota itu tentu sempat menyambangi Malioboro. Tempat itu adalah suatu lokasi yang tawarkan bermacam daya tarik. Pengunjung dapat belanja batik, duduk enjoy di bangku-bangku yang ada di trotoar, atau memanjakan lidah dengan berwisata kuliner.

Untuk meraih Malioboro sangatlah gampang lantaran tempat itu ada pas di jantung Kota Jogja. Banyak transportasi umum yang menghubungkannya dengan lokasi lainnya. Bahkan juga, jika Anda datang dari luar kota dengan kereta api serta turun di Stasiun Tugu, jalan kaki ke Malioboro sangatlah sangat mungkin lantaran jaraknya yang cukup dekat.

Lantaran adalah ruangan umum, Anda tak perlu membayar untuk bertandang ke Malioboro. Pengunjung cuma butuh membayar cost retribusi bila datang dengan kendaraan bermotor. Supaya nyaman bertandang ke Malioboro, pastikan saat pada sore hari hingga keindahan serta eksotisme tujuan itu makin merasa terkesan. Diluar itu, Malioboro juga populer jadi tempat berburu oleh-oleh ciri khas Jogja lho.

2. Keraton Yogyakarta

Tujuan setelah itu yang harus dikunjungi waktu liburan ke Jogja yaitu Keraton. Tempat itu adalah Istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat serta masih tetap jadi tempat tinggal keluarga kerajaan sampai sekarang ini. Keraton dapat dikelompokkan jadi satu diantara website histori yang menaruh banyak cerita dari saat lampau.

Wisatawan dapat melingkari ruang Keraton dengan membayar karcis masuk sebesar Rp7. 000 saja. Sehari-hari, obyek wisata di Jogja itu di buka untuk orang-orang umum pada jam 09. 00 WIB sampai 14. 00 WIB. Tempatnya pas di Jl. Rotowijayan Blok No. 1 Panembahan, Kraton. Pengunjung dapat memakai transportasi umum seperti becak atau delman ataupun kendaraan pribadi untuk tiba di tempat wisata histori itu.

Waktu bertandang ke Keraton, wisatawan bakal disajikan panorama elok ciri khas arsitektur zaman dulu. Gedung-gedung yang indah serta artistik jadi latar berfoto yang eksotis. Didalam Keraton, wisatawan dapat juga melihat-lihat beragam koleksi warisan dari saat lalu yang dipamerkan di ruangan spesial.

3. Taman Sari

Konon, Taman Sari yaitu tempat permandian beberapa putri raja pada saat kemarin. Tidak mengherankan bila bangunan itu tampak artistik serta menarik walau keadaannya telah mulai usang dikonsumsi saat. Obyek wisata di Jogja ini dapat sering dipakai jadi tempat photo prewedding oleh beberapa pasangan yang tengah menyiapkan pernikahan.

Tempat Taman Sari ada di Jl. Taman, Kraton, Yogyakarta. Dari Keraton, jaraknya cuma seputar 1 km saja. Cost ticket masuk ke Taman Sari cuma seputar Rp5. 000 per orang. Pengunjung dapat datang pada jam 09. 00 WIB sampai 14. 00 WIB sehari-hari. Untuk yang sebatas mau bersantai di sore hari, Taman Sari juga direferensikan.

4. Taman Pintar

Tidak sama dengan Taman Sari, Taman Pandai adalah lokasi untuk berlibur di Jogja yang pas untuk anak-anak serta keluarga. Terkecuali liburan, bertandang ke Taman Pandai bakal meningkatkan wacana si kecil. Beragam wahana yang ada di dalamnya, seperti wahana teater 3D serta wahana bahari, bakal membawa anak untuk belajar sekalian bermain.

Taman Pandai dapat dikunjungi pada jam 09. 00 WIB sampai 16. 00 WIB sehari-hari. Tempatnya yaitu di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, tak terlampau jauh dari Malioboro. Terdapat beberapa moda transportasi yang dapat dipakai untuk meraih obyek wisata di Jogja itu, dari mulai bus umum, bus Trans Jogja, taksi, delman, becak, atau kendaraan pribadi.

Terkecuali dapat berkunjung ke wahana-wahana yang ada, anak-anak dapat juga lakukan beragam kesibukan mengasyikkan serta berguna di Taman Pandai. Contohnya, belajar membatik. Benar-benar menarik, bukan?

5. Pantai Parangtritis

Tempat wisata lainnya di Jogja yang juga cukup popular di kelompok wisatawan yaitu Pantai Parangtritis. Banyak wisatawan yang meluangkan diri untuk bertandang ke tempat wisata itu saat tengah ada di Jogja. Apa sich yang menarik dari Pantai Parangtritis?

Biasanya, daya tarik tempat wisata pantai terdapat pada pasir putihnya yang membentang. Tetapi, pasir Pantai Parangtritis malah berwarna hitam. Walau sekian, pilihan kesibukan rekreasi yang dapat dikerjakan di obyek wisata di Jogja itu cukup banyak serta bermacam. Sebagian salah satunya yaitu bermain air, mengendarai ATV (All Terrain Vehicle), menyusuri pesisir pantai dengan naik bendi, atau sebatas duduk bersantai nikmati panorama indah di sore hari.

Tidak cuma ini, saat malam hari, pengunjung dapat juga nikmati situasi pantai yang mengagumkan. Kurangnya sinar bakal bikin panorama langit pada malam hari yang dipenuhi bintang tampak makin cantik. Jadi pelengkap, Anda dapat nikmati bagusyahan jagung bakar sambil menghangatkan tubuh dengan wedang ronde.

Untuk meraih obyek wisata itu, pengunjung mesti meniti perjalanan sejauh 27 km dari pusat Kota Jogja ke arah selatan. Tetapi, janganlah cemas lantaran terdapat beberapa transportasi umum yang melalui rute itu.

6. Kebun Binatang Senangloka

Lihat keragaman bermacam satwa, dari mulai gajah, ular, monyet, sampai burung, yaitu suatu hal yang mengasyikkan, lebih utama untuk anak-anak. Hal semacam itu dapat diwujudkan dengan bertandang ke Kebun Binatang Senangloka, Yogyakarta. Terkecuali melihat-lihat, pengunjung juga diijinkan berikan makan binatang-binatang itu. Bahkan juga, ada juga peluang untuk berfoto dengan cara segera dengan bermacam satwa itu.

Kebun Binatang Senangloka terdapat di Jl. Kebun Raya No. 2. Ruang kebun binatang itu memanglah cukup luas hingga dapat menyimpan beberapa puluh bahkan juga beberapa ratus type satwa. Untuk menuju Senangloka, pengunjung dapat memakai sebagian alat transportasi, termasuk juga bus. Untuk wisatawan, dianjurkan untuk datang sesudah jam 08. 00 WIB atau saat sebelum 16. 00 WIB. Jadi cost masuk, Anda juga mesti membayar ticket Rp30. 000 per orang.

Lantaran luasnya ruang wisata, Anda dapat berkeliling-keliling memakai kereta mini yang dimaksud Taring. Kereta itu berkeliling-keliling di Senangloka serta mengangkut beberapa pengunjung dari satu titik ke titik lainnya. Ada bermacam keseruan lainnya yang dapat dirasa waktu bertandang ke kebun binatang Senangloka, misalnya perahu boat, kapal katamaran, gajah tunggang, perahu senggol, dsb.

7. Museum Affandi

Tempat wisata setelah itu yang dapat dikunjungi di Jogja yaitu Museum Affandi. Terdapat di Jl. Laksda Adisucipto 167, Museum Affandi menaruh koleksi gambaran pelukis Affandi semasa ia hidup serta aktif berkarya. Tidak cuma gambarannya, ada juga sebagian karya pelukis lainnya di museum itu. Bila dihitung, ada seputar 300 benda seni yang berada di Museum Affandi. Ada pula beragam benda serta koleksi photo yang memvisualisasikan perjalanan hidup sang pelukis.

Untuk Anda yang suka melukis, janganlah terlewat obyek wisata di Jogja yang satu itu. Akses transportasi termasuk sangatlah gampang lantaran Jl. Laksda Adisucipto termasuk juga satu diantara jalan paling utama di Jogja. Nah, untuk masuk ke museum, pengunjung butuh membayar ticket masuk seharga Rp20. 000 per orang. Jam operasional museum yaitu dari jam 09. 00 WIB sampai 14. 00 WIB sehari-hari. Sayangnya, pada hari libur nasional, museum itu tak di buka untuk umum.

Butuh travel surabaya malang? silahkan klik tautan ” travel surabaya malang “.

8. Alun-Alun Kidul

Pada siang hari, tempat itu tak terlihat demikian menarik. Cuma ada tanah lega yang luas dengan 2 pohon beringin yang sangatlah besar tumbuh di tengahnya. Tetapi, keramaian bakal mulai tampak mendekati sore. Sepeda tandem serta becak hias memadati jalanan yang memutari Alun-alun Kidul.

Ditempat itu populer suatu kebiasaan setempat yang dimaksud “masangin”. Itu yaitu prosesi jalan lurus melalui dua pohon beringin dengan mata tertutup. Umumnya, beberapa pengunjung yang coba prosesi itu sedikit yang sukses serta malah melenceng ke kiri atau ke kanan.

Diluar itu, Anda dapat juga nikmati situasi sore sampai malam sembari nikmati wedang ronde atau jagung bakar. Nyanyian merdu beberapa pengamen bakal makin menyempurnakan pengalaman bertandang ke Jogja kesempatan ini.

9. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu yaitu satu diantara museum kebanggaan warga Jogja lantaran sempat dinobatkan jadi museum paling baik di Indonesia. Didalam museum itu, pengunjung bakal di ajak untuk mencari histori serta kekayaan kebiasaan dan budaya Indonesia lewat bermacam koleksi yang berada di dalamnya.

Museum itu terdapat di Jl. Boyong Km 25 Kaliurang Barat. Untuk meraihnya, paculah kendaraan Anda dari Gerbang Kaliurang sejauh 2 km. Sesudah tiba di pertigaan Patung Udang, ambilah jalur ke utara lalu ke kanan. Sebaiknya, Anda memakai kendaraan pribadi agar lebih fleksibel untuk meraih tempat.

Museum Ullen Sentalu di buka untuk umum sehari-hari, yakni pada jam 09. 00 WIB serta saat sebelum 16. 00 WIB. Untuk ticket masuk, pengunjung butuh membayar Rp25. 000 per orang. Dengan harga itu, kita telah dapat melihat-lihat beragam koleksi kain batik, surat, alat musik tradisionil, sampai gambaran yang bernilai histori tinggi. Uniknya, didalam museum itu pengunjung tak diijinkan membawa atau memakai camera. Beberapa pengunjung dilarang untuk memphoto isi didalam Museum Ullen Sentalu.

10. Tlogo Putri Kaliurang

Waktu liburan ke Jogja, apakah Anda sempat bertandang ke Kaliurang? Lokasi itu terdapat pas di lereng Gunung Merapi. Untuk tiba disana, diperlukan saat seputar 30 menit berkendara dari pusat kota. Nah, satu diantara tempat wisata yang layak untuk dikunjungi di Kaliurang yaitu Tlogo Putri, Kaliurang.

Obyek wisata di Jogja itu memanglah tak terlampau besar. Letaknya pas di lokasi Terminal Kaliurang. Satu diantara hal yang ditawarkannya yaitu panorama alam yang hijau dengan bukit-bukit yang tegak menjulang menyembul di baliknya. Udara yang fresh juga masih tetap dapat di nikmati ketika kita bertandang ke obyek wisata di Jogja itu.

Diluar itu, ada juga bendungan kecil yang pinggirnya benar-benar asik jadikan untuk tempat nongkrong. Sembari nikmati teh nasgitel serta jadah tempe, Anda dapat berwisata sambil bercengkerama berbarengan keluarga atau rekan. Disini, ada juga kuliner ciri khas masyarakat Kaliurang yakni sate kelinci.

Untuk masuk ke lokasi wisata Kaliurang, pengunjung cuma butuh membayar Rp3. 000 per orang. Jika tak tergesa-gesa, Anda dapat bermalam sepanjang satu sampai dua hari di daerah itu. Janganlah cemas, terdapat beberapa pilihan tempat bermalam yang terekomendasi serta harga nya terjangkau.

11. Jogja Bay Adventures Waterpark

Jogja Bay Adventures Waterpark terdapat di Jl. Stadion Maguwoharjo, Depok. Tempatnya cukup jauh dari jalan paling utama hingga dianjurkan untuk pengunjung untuk memakai kendaraan pribadi. Untuk meraihnya, Anda dapat masuk lewat Ring Road Utara, baik dari arah Condongcatur, ataupun Maguwoharjo.

Obyek wisata di Jogja yang relatif baru itu tawarkan bermacam permainan air yang cukup menantang. Ada beragam wahana permainan air yang ada, baik yang diperuntukkan untuk orang dewasa ataupun untuk anak-anak. Oleh karenanya, obyek wisata di Jogja itu sangatlah pas jadi tempat liburan anggota keluarga pada akhir minggu.

Untuk nikmati beragam keseruan yang berada di waterpark yang paling megah di Jogja itu, Anda butuh membayar ticket masuk Rp90. 000 pada hari umum serta Rp100. 000 pada akhir minggu. Disamping itu, ticket masuk untuk anak-anak harga nya yaitu Rp60. 000-Rp75. 000.

12. Desa Wisata Kalibiru

Desa Wisata Kalibiru adalah satu diantara obyek wisata di Jogja yang tengah fenomenal di kelompok anak muda akhir-akhir ini. Letaknya di Jl. Waduk Sermo, Kalibiru, Kulonprogo. Obyek wisata itu jadi pembicaraan lantaran suatu panorama indah yang sempat terekam lewat satu diantara camera pengunjung serta di-posting di Instagram.

Di Kalibiru, pengunjung memanglah dapat berpose diatas suatu pohon pinus yang tinggi. Indahnya warna hijau pohon-pohon di lereng bukit jadi latar belakang yang sangatlah alami. Untuk masuk ruang wisata itu, Anda mesti membayar Rp10. 000 per orang. Cost itu belum juga termasuk juga cost parkir serta cost photo. Kalibiru mulai di buka untuk umum pada pukul 06. 00 WIB sampai 17. 00 WIB sehari-hari.

13. Kebun Buah Mangunan

Obyek wisata itu ada di daerah Mangunan, Dlingo, Bantul. Untuk meraihnya, pengunjung butuh meniti jarak seputar 35 km dari pusat kota atau kira-kira 1 sampai 1, 5 jam perjalanan. Walau sekian, kelelahan sepanjang perjalanan bakal terbayar saat telah tiba di tempat wisata.

Sisi yang paling menarik dari Kebun Buah Mangunan yaitu panorama alam yang sangatlah cantik dipandang dari ketinggian, yakni kira-kira 150–200 mdpl. Diluar itu, pengunjung bakal disajikan dengan keindahan pesona Sungai Oyo yang mengalir berkelok-kelok.

Pada musim spesifik, pengunjung dapat juga nikmati buah-buahan yang dapat dipetik sendiri, seperti jambu, jeruk, serta mangga. Ada juga ruang untuk outbond, berkemah, bahkan juga memancing, yang ada di lokasi wisata alam itu. Untuk nikmati semuanya sarana ini, pengunjung cuma dipakai cost masuk sebesar Rp5. 000 per orang. Obyek wisata di Jogja itu semakin lebih terkesan bila dikunjungi saat pagi hari seputar jam 06. 00 WIB atau sore hari pada jam 17. 00 WIB.

14. Puncak Becici

Tempat lainnya yang sangatlah baik untuk lihat Jogja dari ketinggian yaitu Puncak Becici. Obyek wisata itu juga jadi satu diantara tempat favorite beberapa wisatawan yang mau rasakan pengalaman petualangan yang tidak sama. Puncak Becici ada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Kualitask, Dlingo, Bantul.

Untuk meraih obyek wisata di Jogja itu, pengunjung dapat melalui Jalan Imogiri Timur, lalu menuju arah Kebun Buah Mangunan serta Rimba Pinus Mangunan. Panduan arah bakal menujukan pengunjung pada suatu lokasi wisata yang sarat dengan pohon-pohon pinus seperti di Bogor. Sesudah jalan seputar 15 menit, Anda bakal tiba di Puncak Becici.

Dari Puncak Becici, tampak panorama alam yang sangatlah mengagumkan. Petak-petak sawah, Gunung Merapi serta Sindoro, dan langit yang biru, jadi hiasan yang sangatlah susah digambarkan dengan beberapa kata. Obyek wisata di Jogja yang satu itu memanglah belum juga terlampau ramai serta sarana yang ada juga masih tetap terbatas serta berkesan simpel. Tetapi, dengan semua keindahan yang terpampang dimuka mata, hal itu nampaknya bukanlah suatu permasalahan besar.

15. Rimba Pinus Mangunan

Obyek wisata lainnya yang sempat juga jadi pembicaraan yaitu Rimba Pinus Mangunan. Tempatnya ada seputar 23 km dari pusat kota. Pengunjung dapat tiba disana dengan menyusuri jalan Imogiri Timur serta mencari Desa Mangunan, Dlingo.

Apa yang menarik dari obyek wisata di Jogja itu? Seperti namanya, di Rimba Pinus Mangunan itu ada jejeran pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi sampai menutupi semua lokasi. Situasi alam yang fresh serta teduh makin bikin pengalaman masuk rimba jadi lebih mengasyikkan sekalian menantang. Disini bahkan juga ada suatu panggung terbuka yang materialnya dengan cara keseluruhnya terbuat dari kayu. Ada juga tempat duduk melingkar yang terbuat dari batang pohon. Di panggung unik itu, kerap diselenggarakan acara sastra, teater, serta pertunjukan musik.

Saat yang paling pas untuk bertandang ke Rimba Pinus Mangunan yaitu saat pagi hari seputar 06. 00 WIB sampai 10. 00 WIB atau sore hari pada 15. 00 WIB sampai 18. 00 WIB. Cost masuk tak ada, Anda cuma butuh membayar parkir sebesar Rp3. 000 untuk motor serta Rp10. 000 untuk mobil. Diluar itu, Anda diijinkan memphoto sepuasnya.

16. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat wisata yang unik serta eksotis itu ada di lokasi Desa Nglanggeran, Pathuk, Gunungkidul. Jaraknya dari pusat kota yaitu seputar 25 km. Gunung Api Purba Nglanggeran adalah lokasi yang mempunyai bentang alam yang sangatlah indah. Menurut riset, gunung itu yaitu gunung purba yang terjadi lantaran magma yang membeku seputar 60 juta th. waktu lalu.

Dari ketinggian, pengunjung dapat nikmati keindahan matahari terbit ataupun tenggelam. Panorama alam menakjubkan yang membentang luas jadi satu diantara daya tarik wisatawan untuk datang ke obyek wisata di Jogja itu. Untuk masuk ke ruang itu, ticket masuk dibanderol Rp7. 000 saat pagi hari serta Rp9. 000 saat malam hari. Ya, bila mau menginap ditempat itu, ada juga penginapan-penginapan simpel.

Tempat ini dapat dapat jadikan untuk tempat berkemah, lakukan panjat tebing, atau sebatas rasakan situasi alam yang tidak sama. Ada 3 gardu pandang yang ada, dari mulai yang rendah, tengah, serta tinggi di selama jalan menuju puncak gunung. Puncak yang di kenal dengan nama Gunung Gede dapat diraih dengan perjalanan yang cukup menantang sepanjang 1 jam. Selama jalan, bakal tampak bongkahan-bongkahan batu yang sangatlah besar. Janganlah cemas, ada tali serta tangga untuk menolong kita tiba dengan selamat hingga di puncak.

17. Gua Pindul

Gua Pindul yaitu satu diantara lokasi wisata di Gunungkidul yang tawarkan kekhasan sendiri. Gua itu mempunyai panjang 300 mtr. serta ada stalaktit yang sangatlah besar di dalamnya. Konon, stalaktit itu adalah satu diantara yang terbesar didunia. Di bagian basic gua, ada air yang mengalir hingga pengunjung mesti memakai ban serta alat pengaman sepanjang menyusuri gua.

Bertandang ke Gua Pindul sangatlah mengasyikkan serta menantang, terutama untuk beberapa penggemar wisata petualangan. Oleh karana ini, perjalanan sepanjang nyaris 30 menit itu akan tidak merasa lama. Didalam gua juga hidup banyak kelelawar yang menggantung diantara stalaktit-stalaktit. Dalam kegelapan, pemandu bakal menolong Anda untuk lihat memakai pertolongan senter.

Untuk rasakan pengalaman seru itu, Anda cuma butuh membayar Rp30. 000 per orang. Cost itu telah meliputi ban, jaket pelindung, serta pemandu sepanjang ada didalam Gua Pindul. Oh, ya, janganlah lupa untuk mengabadikan perjalanan wisata menarik itu dengan paket photo yang ada.

18. Taman Perlahangi

Apakah Anda sempat bertandang ke Taman Perlahangi yang ada didalam ruang Monumen Jogja Kembali? Bukanlah, tempat itu tidaklah arena untuk lihat perlahangi yang umumnya terjadi di langit. Taman Perlahangi yaitu obyek wisata di Jogja yang terdiri atas beragam hiasan lampion dengan lampu berwarna-warni. Oleh karenanya, tempat itu sangatlah baik untuk dikunjungi saat malam hari.

Tempat wisata Taman Perlahangi pas jadikan jadi tempat bersantai untuk semua anggota keluarga. Pengunjung dapat masuk ke tempat wisata itu dengan lewat Jalan Ring Road Utara, yakni sesudah perempatan Jalan Kaliurang. Terkecuali memakai kendaraan pribadi, Anda dapat juga memakai kendaraan umum lantaran akses transportasi ke tempat itu cukup gampang.

19. Pantai Nglambor

Satu diantara belasan pantai yang ada di pesisir selatan Gunungkidul yaitu Pantai Nglambor. Tidak sama dengan pantai-pantai yang lain, Pantai Nglambor menghidangkan keindahan alam bawah laut yang ditempati oleh bermacam biota laut yang menakjubkan.

Pengunjung dapat berhubungan segera dengan beragam type ikan yang sangatlah cantik. Air laut di Pantai Nglambor juga sangatlah jernih hingga penyelam dapat lihat dengan terang makhluk-makhluk bawah laut yang indah itu. Keunggulan lainnya dari Pantai Nglambor yaitu suasananya yang masih tetap alami dan pantainya yang berpasir putih.

20. Bukit Bintang

Bukit Bintang yaitu tempat wisata favorite anak-anak muda di Jogja. Letaknya di daerah Piyungan atau di Jl. Wonosari. Itu yaitu suatu ruang di tepi tebing yang diperlengkapi dengan bangunan-bangunan simpel, namun kuat. Disini, pengunjung dapat lihat keindahan Kota Jogja dari ketinggian.

Saat yang pas untuk bertandang ke Bukit Bintang yaitu pada sore hari. Pengunjung bakal disajikan pemandangan cantik dari matahari yang tengah tenggelam. Setelah itu, saat malam tiba, lampu-lampu kendaraan serta bangunan dari kejauhan bakal tampak berkelip-kelip seperti kunang-kunang yang sejumlah beberapa ribu.

Di Bukit Bintang, Anda dapat sekalian dinner romantis berbarengan pasangan. Pilihan menunya simpel, yakni teh hangat serta jagung bakar yang nikmat. Keduanya bakal prima temani saat bersantai Anda pada malam hari.

21. Tebing Breksi

Tebing Breksi termasuk juga type tempat wisata yang terjadi lantaran kesibukan manusia. Konon, pada 1980-an, ada kesibukan penambangan batu kapur breksi yang dikerjakan oleh warga setempat di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Prambanan. Oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, pada Mei 2015, tempat itu diresmikan jadi cagar budaya.

Menariknya, pengunjung dapat nikmati beragam pahatan beberapa seniman lokal di Tebing Breksi. Ada berbagai macam lukis yang terpahat, misalnya wayang. Lantaran penampilannya yang unik itu, Tebing Breksi juga kerap digunakan jadi tempat photo prewedding atau selfie.

Terkecuali dapat nikmati karya seni yang unik, pengunjung dapat juga lihat panorama yang menakjubkan dari puncak tebing, termasuk juga pemandangan Candi Ijo serta Candi Ratu Boko. Bahkan juga, di bagian basic ada suatu amphitheatre yang dimaksud Tlatar Seneng serta berperan jadi tempat pertunjukan. Obyek wisata itu sangatlah pas dikunjungi pada sore hari lantaran cuaca lebih bersahabat.

23. Candi Ijo

Terdapat beberapa tempat wisata yang berbentuk candi di Jogja di sekelilingnya misalnya Candi Prambanan serta Candi Borobudur. Tetapi, candi yang satu itu sangatlah tidak sama, terutama lantaran letaknya. Candi itu terdapat seputar 410 m dari permukaan laut, yakni di suatu bukit bernama Gumuk Ijo atau Bukit Hijau. Di kompleks candi itu, ada seputar 17 susunan serta terdiri dari 11 teras yang berupa undakan. Konon, candi itu di bangun pada era ke-9.

Terkecuali dapat nikmati keindahan bangunan candi, pengunjung dapat juga lihat pemandangan alam seputar dari ketinggian. Dari tempat itu, Anda dapat lihat segera sistem landing atau take off pesawat di Bandara Adi Sutjipto. Tidak cuma lantaran tempatnya, kemegahan Candi Ijo juga jadi daya tarik untuk beberapa pencinta histori saat lampau.