Setiap orang terutama bagi para pengguna aplikasi kamus Android ,tentunya akan sangat familiar dengan Google Translate. Ya. Aplikasi serta software penerjemah bahasa buatan raksasa teknologi Google ini memang sangat populer pada saat ini dan banyak orang yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan aplikasi ini selain bisa digunakan untuk menterjemahkan bahasa asing, misalnya translate Inggris Indonesia ataupun sebaliknya, namun juga memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan aplikasi kamus lainnya. Untuk itu, dalam tulisan kali ini akan mengupas tentang beberapa keunggulan dari Google translate sebagai berikut :

1. Bisa Translate Kalimat Otomatis Dengan Sekali Tap Saja

Baru-baru ini Google Translate sudah bisa digunakan dengan lebih mudah dan cepat. Dimana anda tidak usah lagi memindahkan kalimat yang anda ingin terjemahkan ke aplikasi ini atau sebaliknya. Namun anda hanya tinggal sorot teks yang anda mau terjemahkan, maka secara otomatis akan muncul pop-up Tap to Translate. Lalu ketuk pop-up tersebut jika anda mau menerjemahkan serta mendengarkan ungkapan atau juga mengubah bahasa. Dan jika ada kalimat baru yang mau anda terjemahkan maka cukup tekan tombol New Translation dan tekan tombol opy untuk salin hasil terjemahan dari pop-up Google Translate. Selain itu anda juga bisa menggunakan fitur ini di semua aplikasi dan bisa diakses secara offline juga.

2. Dengan Aplikasi Ini Anda Bisa Ngobrol Dengan Orang Asing

Jika tiba-tiba ada orang bule yang ngajak bicara sama anda dijalan, tentunya anda akan gelagapan karena tidak bisa bahasa Inggris. Nah kondisi tersebut tidak akan terjadi jika anda menggunakan aplikasi Google Translate ini. Karena dengan aplikasi ini anda akan mampu untuk berkomunikasi langsung dengan orang asing tersebut dengan menggunakan bahasa anda sendiri yang diterjemahkan secara otomatis. Caranya pun sangat gampang, anda tinggal ucapkan saja kalimat yang anda maksud, maka Google Translate secara otomatis akan menerjemahkannya ke bahasa yang digunakan oleh orang asing tersebut. Dengan catatan bahasa yang digunakan oleh orang asing tersebut sudah termasuk ke dalam 32 bahasa yang didukung oleh Google Translate.

3. Menerjemahkan Kalimat via Gambar

Misalnya anda pas lagi berkunjung ke Inggris, lalu anda pergi ke rumah makan karena lapar dan ternyata buku menunya itu full berbahasa Inggris Dalam hal ini anda tidak usah bingung, mendingan anda langsung translate buku menu tersebut dengan cara difoto dulu menggunakan kamera. Nantinya gambar tersebut akan diproses di Google Translate yang secara otomatis akan langsung diterjemahkan ke dalam bahasa yang anda gunakan.

4. Tidak Perlu Menggunakan Koneksi Internet

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mengaksesnya tanpa harus membutuhkan koneksi internet alias offline. Dengan catatan anda sudah memiliki database kalimat dari bahasa yang ingin anda translate tersebut dengan sangat mudah dan cepat.

5. Bisa Menggunakan Aplikasi Ini Dengan Cara Menggunakan Suara

Baru-baru ini Google Translate bisa anda gunakan untuk menerjemahkan kalimat dari bahasa asing tanpa harus anda mengetiknya terlebih dahulu secara manual. Namun kini anda cukup dengan mengatakan kata atau kalimat yang akan diterjemahkan tersebut, sehingga secara otomatis aplikasi ini akan menerjemahkannya kedalam bahasa yang anda pilih.

6. Anda Bisa Ngerap Dengan Menggunakan Aplikasi Ini

Dengan menggunakan fitur text-to-speech ini anda bisa memanfaatkannya untuk bisa ngerap. Caranya juga sangat mudah, pertama anda buka dulu Google Translate, kemudian masukkan saja beberapa teks bebas sekehendak anda ke dalam kolom translate. Setelah semuanya masuk, sekarang ubah pilihan bahasanya jadi jerman. Lalu tekan tombol text-to-speech tersebut dan coba dengarkan secara seksama, tentunya sangat miri dengan orang yang lagi ngerap.

Mungkin itu saja informasi yang bisa disampaikan untuk kali ini, semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.