Pada saat ini sepeda motor merupakan kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Sepeda motor ini digunakan oleh orang-orang untuk menunjang segala aktivitasnya sehari-hari, baik itu untuk bekerja, bisnis, mengajar, sekolah, keperluan keluarga, dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat begitu banyaknya jasa layanan pembiayaan kredit motor yang muncul di Indonesia. Sehingga orang bisa memiliki motor ini dengan mudah dengan cara kredit motor. Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan memberikan informasi tentang hal-hal yang harus diperhatikan ketika simulasi kredit motor sebagai berikut:

1. Perhatikan Harga Motor, Uang Muka, Besaran, Dan Lama Cicilan

Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa jika dapat mencicil motor dalam waktu yang lama dengan biaya yang rendah, itu sangat ringan. Ada banyak leasing yang menawarkan cicilan per bulan Rp.600 ribu-Rp.700 ribu selama 36 bulan dengan uang muka Rp.800 ribu-Rp.900 ribu.

Contoh simulasi kredit motor harga Rp.13.600.000 untuk 3 tahun masa cicilan :

(625.000 X 36) + 800.000 (uang muka) = 23.300.000

Contoh simulasi lainnya dengan harga motor Rp.13.600 untuk 2 tahun masa cicilan :

(825.000 X 24) + 900.000 (uang muka) = 20.700.000

Mungkin anda berpikir hal ini tidak ada ruginya karena bisa meringankan cicilan anda. Namun bayangkan saja anda harus mencicil motor tersebut sebesar Rp.625.000 per bulan dalam 3 tahun atau 825.000 selama 2 tahun.

Bedakan antara cicilan motor dengan cicilan rumah. Dalam cicilan rumah, tidak ada ruginya jika anda harus membayar total cicilan hampir dua kali lipat atau bahkan lebih dari harga tunainya. Karena harga tanah setiap tahunnya akan selalu naik. Sedangkan barang konsumsi seperti motor, tentunya akan mengalami penyusutan berlipat-lipat dalam beberapa tahun kedepan. Oleh sebab itu, jangan anda mudah menjatuhkan pilihan kepada leasing, namun lakukan perbandingan supaya bisa mendapatkan simulasi yang termurah. Selain itu anda juga pastikan bahwa sumber pendapatan anda tetap.

2. Manfaatkan Kartu Kredit

Semakin berkembangnya pertumbuhan marketplace serta lembaga pembiayaan, ada banyak tawaran cicilan nol persen yang tentunya anda bisa manfaatkan untuk membeli motor. Dalam hal ini tentunya anda harus memiliki kartu kredit terlebih dahulu. Dengan memiliki kartu kredit, cukup dengan kartu limit 15 juta, motor dengan harga Rp.13-14 jutaan dengan cicilan nol persen bisa anda dapatkan. Untuk itu jadikan pendapatan bulanan anda sebagai pertimbangan kemampuan, karena pada umumnya masa cicilan kartu kredit itu paling lama hanya 12 bulan yang harus dikeluarkan sekitar satu jutaan rupiah per bulan.

3. Persyaratan Administrasi

Perlu anda ketahui bahwa persyaratan administrasi pengajuan cicilan motor ini tidak begitu rumit. Asalkan anda memiliki slip gaji, rekening listrik serta kartu tanda penduduk (KTP), maka anda akan sangat mudah untuk mendapatkan kredit motor tersebut. Pada saat anda mengajukan kredit motor, maka petugas leasing biasanya akan melakukan survey untuk mengecek tempat tinggal anda. Namun jika anda berprofesi sebagai wiraswasta yang tidak memiliki slip gaji, maka pihak leasing akan melihat kemampuan finansial anda dari salinan rekening Bank anda selama 3 bulan terakhir. Dalam hal ini anda bisa meningkatkan jumlah uang mukanya supaya pihak leasing lebih berminat memberikan kredit kepada anda.

4. Asuransi

Hal yang sangat penting yang harus anda perhatikan pada saat mau mengajukan kredit motor adalah apakah biaya cicilan sudah termasuk asuransi atau tidak. Karena perusahaan pembiayaan yang benar biasanya akan memasukkan asuransi dalam simulasi cicilan. Dalam hal ini minimal motor tersebut mendapatkan asuransi Total Lost Only (TLO) sehingga jika anda kehilangan motor, anda bisa meminta ganti rugi dengan melakukan klaim. Prihal leasing tidak akan proaktif dalam hal ini. Selain itu pastikan sejak awal ada asuransi dalam pembiayaan cicilan. Namun jika tidak ada, anda bisa mengasuransikannya sendiri. Perlu diketahui bahwa premi motor ini tidaklah mahal, hanya sekitar 2,5% saja dari harga tunai.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan simulator kredit motor.